Wednesday, August 12, 2009

the serious entry

inside my head dari gue lahir gue sudah ga punya nenek dari bokap yang biasa gue panggil oma, oma gue ini kristen dan gue selalu takut ga akan sempet ketemu dia walaupun nanti kalau gue sudah mati. keluarga gue bukan islam fanatik, ada beberapa yang kristen, bokap gue juga dulunya kristen. gue selalu takut kalau abis kita selesai hidup nanti kita ga bisa ketemu karena ada yang bilang orang selain islam ga akan masuk surga. waktu gue kecil gue sedih dan kesel banget denger ungkapan ini, itukan ga adil, jujur aja sampe sekarang gue selalu ga suka kalau udah mulai memperdebatin agama. pernah dulu waktu gue sd guru gue ngomong kaya gitu, gue sedih banget sampe nangis, gue ngotot kalau gue akan ketemu sama oma gue dia kan baik. kalau lo bisa percaya dengan pendapat lo sedangkan itu ga riil, gue juga bisa percaya dengan pendapat gue apapun itu, itu hak gue.

gue akuin saat itu gue masih kecil, ga bisa mikir, bahkan sekarang pun juga gue masih sering banget salah. tapi gue berusaha tetap yakin akan pendapat gue waktu masih tk, di dunia ini atau dimanalah namanya universe tempat kita hidup dan mati ada 5 surga, surga orang kristen, surga islam, surga buddha, surga hindu, surga mana mana lagi lah agama lain atau bahkan lebih dari 5. gue berpikir nanti gue dari surga islam bisa mengunjungi surga oma gue, opa gue, tasia, cilla, semua temen2 gue. dan bahwa tuhan itu semua benar, gue masih inget waktu itu gue di masih tk di mobil gue tanya ke bokap gue "agama mana sih yang bener?" dia jawab "semua agama bener" gue lupa kalimat lengkapnya sejak saat itu gue berpikir tuhan ada 5 dan mereka semua berteman dan membuat surga masing2 dan hidup damai, jujur aja ini pikiran paling adil dan polos ahaha. belakangan pas gue smp gue tanya kaya gitu jawabannya :" semua agama itu bener, tapi yakinilah agama kita anut sbg yang paling benar untuk kita dan bukan berarti yang lain salah". mungkin pendapat gue agak dipaksakan tapi gue rasa pikiran gue itu bagus, gue berpikir bahwa selama kita hidup baik, kita berbuat baik, bersahabat, menolong orang, dll kita bakal masuk surga apapun kepercayaan yang kita pegang. gue sampai sekarang tetap berusaha percaya dengan pemikiran gue ini walau gue tau ini konyol.

sampai gue kelas 3 sd gue percaya akan adanya sinterklas, gue tau ini konyol. guru gue pas sd menegur gue dia bilang itu kepercayaan orang kristen, kita ga boleh percaya. gue bukan ahli agama, mungkin gue ga pantas ngomong gini tapi gue percaya apa yang menurut gue benar. dan saat itu gue merasa sinterklas itu benar. darimanapun asal kepercayaan itu, tapi itu membawa hal positif juga kan buat kita. saat itu gue berlaku baik biar bisa di dapet kado, gue saat itu berpikiran sinterklas itu tinggal di pim, karena dulu kan kalau natal serign ada di mall mall haha :D dan pas kelas 3 sd itu perdebatan itu diakhiri dengan gue bilang : "yaudah terserah bapak aja, saya aduin papa saya loh!"

gue ga tau kenapa gue nulis ini. yang jelas gue kepikiran banget aja sama perbedaan yang diperdebatin padahal udah tau jawabannya ga ada yang bener dan ga ada yang salah. ini bukan suatu hal untuk di debat ini semua ga riil dan ga kongkrit. ga ada bukti berarti ga ada kasus.

No comments:

Post a Comment